Pemkot Kendari Gelar Pasar Pangan Murah Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah

Pemerintahan1791 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar pasar pangan murah. Pasar murah tersebut, bertujuan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat jelang lebaran Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi pada Kamis (29/6/2023).

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala memberikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan dan semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan pasar murah.

” Semoga pasar murah ini bisa membantu saudara-saudara kita jelang lebaran, saya lihat tadi Bulog sudah beberapa kali menambah stoknya,” ungkapannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kendar,i Hasria Mahmud menjelaskan, selain stabilisasi pasokan dan harga pangan, pasar murah dilakukan serentak di 341 daerah di Indonesia, ini juga untuk memecahkan rekor dunia Gerakan Pangan Murah (GPM).

“Kita menjaga kestabilan harga dan menekan inflasi, serta menyediakan kebutuhan pangan masyarakat jelang lebaran Idul Adha,” ungkapnya.

Hasria menjelaskan, kegiatan ini menyediakan 13 komoditi kebutuhan pokok masyarakat, jelang lebaran Idul Adha. Pasar murah ini juga melibatkan sejumlah pihak, di antaranya Bulog Sulawesi Tenggara (Sultra), Dinas Pertanian dan para distributor. Dengan keterlibatan para distributor, harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga di pasar.

Seperti minyak goreng Rp14 ribu per liter, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, beras Bulog Rp45 ribu per 5 kg, bawang merah dan bawang putih Rp30 ribu – Rp40 ribu per kilogram, telur Rp56 ribu per rak dan daging beku Rp100 ribu per kg.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan sejumlah Pejabat Pemerintah Pusat meluncurkan program Gerakan Pangan Murah (GPM) di 342 titik di Indonesia. Sekaligus menerima piagam rekor dunia dari MURI tentang kabupaten/kota terbanyak pelaksanaan Gerakan Pangan Murah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian meminta pada para kepala daerah untuk mendukung gerakan pangan murah ini. Dia meminta daerah untuk menambah jumlah titik pelaksanaan pasar murah ini agar bisa menjangkau masyarakat lebih banyak.

“Bila perlu tambahin lagi dengan dana dari belanja tidak terduga, tambah lagi item-itemnya tambah lagi titik-titiknya dan di daerah kabupaten kota yang tidak terkena operasi pasar murah buat sendiri dengan belanja tidak terduga khususnya menjelang lebaran,” katanya.

Hadir juga dalam kegiatan pasar murah Kendari, Ketua DPRD, kepala BPS, Perwakilan Bulog Sultea, Forkopimda dan sejumlah kepala OPD Kota Kendari.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *