Pemkot Kendari Terima Penghargaan Sebagai Kota Peduli HAM 2022

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama sembilan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2022.

Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muh. Yusup dalam rangkaian peringatan HAM sedunia ke-75 tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis (28/12/2023).

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio mengatakan, peduli HAM merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM.

Tolak ukur utama dari diraihnya penghargaan ini yaitu, pelayanan disabilitas serta pelayanan yang ramah anak dan perempuan serta perlindungan hak-hak masyarakat adat.

“Berdasarkan hasil pemantauan usul penilaian kriteria kabupaten/kota peduli HAM tahun 2023 dari 17 kabupaten/kota lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah menyampaikan usul penilaiannya hanya 15 kabupaten/kota. Dari 15 kabupaten/kota yang mengusul ada 10 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria,” ungkap Sekda Provinsi Sultra.

Usai menyerahkan piagam penghargaan ini Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih 10 kabupaten/kota tersebut. Terakhir dirinya berpesan agar kabupaten/kota usai menerima penghargaan ini agar tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada Rencana Aksi Nasional HAM.

Sebelum dilakukan penyerahan piagam penghargaan HAM, dilaksanakan pengukuhan gugus tugas daerah bisnis dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *