Pemprov Rilis Logo dan Tema HUT Sultra ke-59

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Senin (3/4/2023) secara resmi merilis logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59, yang rangkaian penyelenggaraannya akan dilaksanakan mulai pada 27 April 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra,  Belli Tombili mengungkapkan, tema dan logo ini telah disepakati dalam rapat yang digelar jajaran pimpinan Pemprov Sultra, beberapa waktu lalu.

“Selanjutnya, tema dan logo ini dapat digunakan oleh seluruh stakeholder, baik pemerintah daerah maupun masyarakat secara umum untuk menyemarakkan perayaan HUT Sultra ke-59. Logo ini memiliki arti dan makna yang filosofis,” jelas Belli di kantornya, Senin (3/4).

Dijelaskan, tema yang diangkat pada HUT kali ini adalah AMAN Sukses Membangun Sultra, yang mengandung arti bahwa Pemprov Sultra di bawah kepemimpinan AMAN (Ali Mazi-Lukman Abunawas) telah sukses membangun Sultra dengan visi terwujudnya masyaralat Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat, yang dibuktikan dengan berbagai pembangunan nyata di masyarakat.

Pada logo tertera angka 59 yang merupakan umur Provinsi Sultra sejak lahirnya pada 27 April 1964.

Gambar Mata Rantai yang disambung menjadi satu merupakan perlambang persatuan dan persatuan dari seluruh kabupaten/ kota yang ada di Sultra dalam gerak langkah pembangunan di segala bidang.

Padi dan Kapas mengandung arti kemakmuran dan keadilan menjadi dasar pembangunan Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Kepala Anoa merupakan simbol dari hewan khas di Sultra yang mengandung arti ulet, gesit, dan militant, yang merupakan karakter dari masyarakat Sultra.

Kain tenun Buton dan Tolaki merupakan simbol dari duet kepemimpinan Ali Mazi dan Lukman Abunawas, dimana kain tenunan tersebut juga menjadi primadona kain tenun khas Sultra.

Logo HUT Sultra ke-59

Berbagai macam ikon dan monumen serta proyek-proyek pembangunan prioritas menunjukkan geliat pembangunan yang nyata dan signifikan di bawah kepemimpinan Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Selanjutnya, ada lima macam warna, yakni Biru, Hijau, Kuning, Coklat, dan Hitam. Warna Biru merupakan perlambang kedamaian, kenyaman, dan harmoni yang merupakan warna Provinsi Sultra dengan ciri khas kebahariannya.

Warna Hijau adalah perlambang kesuburan, doa harapan, dan pertumbuhan. Warna Kuning adalah perlambang kejayaan, bijaksana, dan cendekia. Warna Coklat adalah perlambang optimisme dan kepercayaan. Warna Hitam melambangkan kemantapan, keteguhan, dan kekekalan.

Empat macam warna tersebut juga melambangkan jumlah kabupaten yang ada saat terbentuknya Provinsi Sultra, yakni Kendari, Kolaka, Muna, dan Buton, serta sekaligus menunjukkan potensi yang ada di daerah ini.

Belli mengharapkan, semua pihak dapat menyukseskan perayaan HUT Sultra ke-59, yang merupakan HUT istimewa karena merupakan perayaan ulang tahun penutup pemerintahan duet kepemimpinan Ali Mazi-Lukman Abunawas. (red/id)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *