Puan Sebut Nama AHY Masuk dalam 10 Kandidat Bakal Cawapres Ganjar

HaluoleoNews.ID, JAKARTA – Ketua DPP PDI-P Bidang Politik Puan Maharani menyebutkan 10 nama yang masuk dalam radar bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Dari 10 nama itu, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut masuk dalam radar PDI-P.

Hal itu diungkapkan Puan Maharani dalam konferensi pers usai agenda kedua dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ketiga PDI-P di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

“Pencawapresan nama kan banyak, ada 10 (nama). Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media, ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo (siapa) lagi mas? Pak Airlangga, nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” kata Puan.

Puan Maharani mengungkapkan 10 nama  itu di samping Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam konferensi pers. Menurutnya, 10 nama itu memiliki kelebihan masing-masing. Oleh karenanya, PDI-P bakal mempertimbangkan kelebihan yang dimiliki sejumlah kandidat itu.

“Dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon dari PDI Perjuangan sesuai dengan visi misi, cita-cita dan sebagainya,” ujar Ketua DPR RI ini.

Lebih lanjut, Puan memastikan bahwa PDI-P bakal mengerucutkan 10 nama itu menjadi satu nama bakal cawapres Ganjar. Akan tetapi, ia mengaku pengumuman cawapres Ganjar tidak dilakukan dalam Rakernas PDI-P hari pertama.

“Hari ini masih menimbang-nimbang dulu dari nama-nama yang ada,” kata Puan.

Puan juga mengatakan bahwa pembahasan mengenai sosok cawapres Ganjar belum dilakukan dalam acara Rakernas hari ini. Menurutnya, pembahasan Rakernas hari pertama masih seputar bagaimana strategi partai memenangkan Pemilu 2024.

“Nama belum dibahas, besok belum tahu juga,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sempat mengungkapkan bahwa banyak tokoh yang ingin menjadi cawapres Ganjar.

Megawati bahkan mengaku kurang lebih 10 orang yang ingin mendampingi Ganjar pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Hal itu disampaikan Megawati menjawab pertanyaan wartawan mengenai peluang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang disebut-sebut paling berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo.

Namun, dari sekian banyak nama tersebut nantinya bakal mengerucut menjadi satu sosok yang akan mendampingi Gubernur Jawa Tengah itu berkontestasi pada pemilu mendatang.

“Banyak kok, saya sudah punya di sini. Berapa tuh, 10 apa lebih. Ya nanti kan mengerucut sendiri, tetapi oleh pikiran saya,” kata Megawati usai menggelar kerja sama politik dengan elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kantor DPP PDI-P pada 30 April 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *