HaluoleoNews.ID, KENDARI- Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda), Makmur S.Pd, M.Pd didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendari memimpin rapat untuk melengkapi data dukung terkait evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di ruang rapat Sekda Kendari, Kamis (21/9/2023).
Asisten administrasi umum Setda Kendari, Makmur S.Pd, M.Pd meminta sejumlah OPD yang belum melengkapi kebutuhan data untuk evaluasi SPBE Kendari agar segera melengkapinya.
“Data dukung yang diminta oleh Asesor Nasional terakhir besok, jika tidak atas Perintah Undang-Undang kita akan datang ke setiap OPD untuk menagih itu,” tegasnya.
Menurutnya, data dukung yang dibutuhkan diantaranya, Screenshot Aplikasi, Perwali, SOP dan demo aplikasi tersebut.
Kepala Diskominfo Kendari Dr.Ir. Nismawati, M.Si, mengungkapkan, rapat ini digelar sebagai tindak lanjuti hasil review Kementerian PANRB terkait SPBE Kota Kendari.
Menurutnya, ada beberapa data dukung yang diminta belum dilampirkan, karena dalam penilaian SPBE ini ada beberapa tahapan.
“Tahapan pertama adalah penilaian mandiri itu dilakukan oleh tim asesor internal, jadi kita bisa menilai tim asesor itu terdiri dari beberapa OPD yang bisa menilai sendiri sudah sampai dimana SPBE nya,” ungkapnya.
Mantan Kadis DLHK ini menambahkan, dari empat penilaian evaluasi SPBE yaitu kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan. Yang tertinggi di Kota Kendari yaitu domain layanan, karena rata-rata aplikasi di setiap OPD sudah berfungsi. Sedangkan poin terendah berada di kebijakan dan tata kelola. Kebijakan sudah bisa mencapai poin 3, sedangkan ditata kelola dan manajemen, beberapa dokumen masih harus disiapkan dan dianggarkan.
“Saya harap tahun ini kita mendapatkan nilai bagus karena tahun kemarin kita mendapakan posisi 2,01 dan kalau bisa tahun ini kita mendapatkan posisi di angka 3,” pungkasnya. (red)