UM Kendari Kembali Teken MoU dengan Kampus Ternama di Indonesia

#Langkah UM Kendari Buka Prodi Metalurgi dan Material.

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari kembali menjalin kerja sama dengan salah satu kampus ternama di Indonesia. Adalah Departemen Teknik Metalurgi dan Material (DTMM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), di DTMM FT UI, pada Selasa (1/08/2023)

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Rektor UM Kendari, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nurdin, M.Sc., IPU., ASEAN Eng bersama Ketua DTMM FT UI, Dr. Deni Ferdian, S.T., M.Sc dan Ketua Asosiasi Program Studi (Prodi) Metalurgi dan Material Indonesia, Prof. Dr. Johny Wahyuadi Mudaryoto Soedarsono.

Rektor UM Kendari, Prof Nurdin mengatakan, bahwa  kerjasama yang dilakukan UM Kendari bersama DTMM FT UI dan juga Asosiasi Prodi Metalurgi dan Material Indonesia dilakukan sebagai salah satu langkah UM Kendari untuk membuka Prodi Metalurgi dan Material.

”Perintisan Kerja sama yang dilakukan adalah terkait dengan Akselerasi Penyiapan Program Studi (Prodi) Metalurgi dan Material di Fakultas Teknik (FT) UM Kendari, utamanya kurikulum, dosen, dan dukungan dari Asosiasi Program Studi (Prodi)Metalurgi dan Material Indonesia dimana Universitas Indonesia adalah Ketuanya.” Ungkap Prof Nurdin.

Sebagai Pimpinan UM Kendari, Prof Nurdin menilai bahwa UI merupakan salah satu mitra yang paling tepat dalam pengembangan Metalurgi dan Material karna UI saat ini merupakan kampus yang tengah menggenjot eksplorasi pertambangan material fungsional.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa, bukan hanya UI yang akan menjadi mitra kerjasama UM Kendari tetapi juga akan Menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

”Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu mitra yang tepat untuk pengembangan Metalurgi dan Material karena saat ini sedang giat-giatnya mengembangkan bidang Ekstraksi Pertambangan dan Pengembangan Material Fungsional Baru dan mempunyai Link Pengembangan yang luas,” ujarnya, Sabtu (6/8/2023).

Perguruan Tinggi (PT) lain pun seperti ITB dan ITS juga merupakan bagian dari mitra UMK untuk pengembangan Prodi ini ke depan. Selain itu, Rektor UM Kendari juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut menjadi sebab akan menjadi bentuk pengembangan kemitraan instansi, perusahaan maupun PT yang berbasis pada pengembangan Logam.

Kemitraan tersebut juga akan mematangkan persiapan UM Kendari yang akan melakukan pengembangan ekstrasi Logam. Lahirnya Prodi Metalurgi dan Material di FT UMK ini merupakan Prodi Strategis yang dapat mengembangkan kemitraan berbagai Industri/Perusahaan terkait bidang pengembangan ini.

Juga merupakan poin penting untuk melakukan kemitraan secara luas baik PT dalam/luar negeri, Instansi dan perusahaan berbasis logam.

“Arah pengembangan Prodi Metalurgi dan Material FT UMK ini adalah kajiannya mengarah kepada penyiapan Bahan Baku Baterai seperti Nikel Sulfat, Mangan Sulfat, Cobalt Sulfat dan Pengembangan Ekstraksi Logam antara lain dengan System HPAL ( High Pressure Acid Liquid),” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *