Unsultra Bekali Peserta KKN Tematik ke XLVI

Pendidikan1213 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) melaksanakan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ke XLVI kepada mahasiswa dilingkup kampus merah maron itu dari berbagai Program Studi (Prodi), berlansung di Aula WTC Unsultra, Kamis (21/6/2023).

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa Rektor menambahkan, KKN Tematik mahasiswa akan tersebar dibeberapa kabupaten yang ada di Sultra. KKN tematik merupakan kegiatan yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. KKN Tematik  juga merupakan suatu bentuk pendidikan diluar kampus  dengan cara memberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah masyarakat, baik secara langsung maupun tidak lansung mengidentifikasi dan menangani permasalahan yang terjadi.

Pengalaman dan hasil pelaksanaan KKN Tematik akan menjadi bahan informasi untuk perbaikan dan penyesuaian kurikulum pembelajaran serta untuk penyelarasan roadmap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat peka terhadap isu-isu yang terjadi dikalangan masyarakat, sumber daya yang perlu dikembangkan, dan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat.

KKN ini menjadi momentum pembuktian mahasiswa dalam mengimplementasi pendekatan interdisipliner, dan memiliki wawasan yang luas serta mengasah kepedulian terhadap lingkungan maupun kemampuan untuk membangun komunikasi dengan warga.

“Setiap kelompok KKN mempunyai tema program masing-masing sesuai dengan permasalahan yang ada, kompetensi keilmuan peserta KKN dan program studinya. KKN Unsultra secara regular dilakukan 2 kali dalam setahun, KKN tematik kali ini diikuti sebanyak 72 orang dengan melibatkan 7 dosen pembimbing dan 7 orang supervisi,” ujarnya.

Adapun ouput atau luaran dari KKN Tematik mahasiswa  antara lain diharapkan permasalahan masyarakat/lokasi KKN ada solusinya yang dapat berupa peningkatkan pengetahuan dan keterampilan, perbaikan sarana prasarana dan lingkungan, produk dan digitalisasinya, TTG, dan terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak khususnya mitra pelaksanaan kegiatan tematik. Disamping itu mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan serta kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat semakin baik.

Oleh karena itu, ada beberap hal penting harus dilaksanakan mahasiswa selama dilapangan  Juni dan Juli tahun ini  diantaranya, mahasiswa dituntut menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat sesuai dengan bidang kompetensi yang dimiliki untuk memberi edukasi pendidikan, sosialisasi, akselerasi dan pengkatan kepedulian terhadap berbagai program pembangunan baik pemberian bantuan hukum, peningkatan nilai tambah produk pertanian, perbaikan infrastruktur, perbaikan menejemen pemerintahan, UMKM, perbaikan pembelajaran,  edukasi pencegahan narkoba, serta memberantas sikap premanismen dan tindakan penyakit mesyarakat dan lain sebagainya.

“Semoga mahasiswa dan masyarakat dapat berkolaborasi dan mampu terlibat aktif dalam pembangunan. Sebagaiamana tercantum dalam tridarman perguruan tinggi perguruan tinggi, yakni Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ucapnya.

“Atas nama lembaga, kami titipkan amanah kepada mahasiswa Unsultra yang mengikuti KKN Tematik tahun ini,  agar senantiasa menjaga nama baik lembaga dan marwah almamater Unsultra serta jadikan hasil kegiatan KKN dirasakan manfaatnya, dirindukan dan dibanggakan,” harapnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *