Unsultra Jalin Mitra Naturevolution Dirikan Bank Sampah

Pendidikan2241 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dalam rangka optimalisasi pengelolaan sampah plastik di lingkungan kampus, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) meletakkan batu pertama pendirian bangunan Bank Sampah dilingkungan kampus yang bertepatan dengan hari lingkungan hidup, pada Sabtu (10/6/2023).

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa Bank Sampah salah satu implementasi MoU Unsultra dengan organisasi Naturevolution terkait penanganan sampah plastik yaitu pegiat lingkungan dari Perancis.

“Jadi sistemnya kedepan setiap limbah plastik ditukar. Mereka serahkan sampahnya kemudian dibayar ,” ujarnya.

Tentu kedepan, bagimana pengelolaan uangnya, pihaknya akan komunikasi dengan mahasiswa atau BEM apakah dananya itu bisa menjadi dalam bentuk tabungan.

Rektor mengajak sivitas akademika Unsultra untuk saling sadar diri dalam menjaga lingkungan kampus. Diharapkan melalui program pembangunan Bank Sampah dapat menjadi barometer atau literasi bagi masyarakat luas, tentang pentingnya pelestarian lingkungan salah satunya upaya peningkatan pengelola sampah.

“Saya kira kita prioritaskan kebersihan lingkungan kampus kita ini, sehingga menjadi langkah yang baik untuk menjadi kampus percontohan bagi masyarakat dan kampus lainnya. dan kebersihan itu pula adalah bagian dari iman,” jelas Prof Andi Bahrun.

Sementara Pencetus Bank Sampah Mariani SE ME menjelaskan, untuk pengadaan Bank Sampah merupakan program kami Naturevolution dengan Unsultra. Bank sampah ini lebih diutamakan sampah plastik kaleng ataupun botol aqua.

“Kalau kita tidak perhatikan sampah plastik ini susah terurai dan dampaknya sangat besar. salah satunya bencana kekeringan. Jadi sampah tersebut bisa ada manfaatnya dan mengurangi dampak sampah itu sendiri,”tuturnya.

Untuk besaran harga bervariasi, namun sesuai ketentuan naturevolution untuk 1 kg senilai 6 ribu. Sebenarnya, adanya gebrakan baru Unsultra ini tentu memiliki manfaat dari mahasiswa dan masyarakat lingkungan kampus ketika mereka datang ke Bank sampah mereka bisa mendapatkan uang dan itu membatu keringanan sedikit untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

“Bank Sampah ini salah satu gebrakan baru dikampus Unsultra semoga bermanfaat untuk masyarakat luas dan mahasiswa,” pungkasnya.  (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *