BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkot Kendari Capai UHC Sampai 97,89%

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari menggelar Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan. Turut dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari diwakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, di ruang rapat Wali Kota Kendari, Selasa (14/11/2023).

Kepala Dinkes Kendari, drg Rachminingrum yang membacakan sambutan Pj Wali Kota Kendari mengatakan, pembentukan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan dilakukan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan.

Guna menyelesaikan persoalan serta memberikan solusi dan mitigasi risiko jika terjadi kedepannya, terkait program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Terwujudnya partisipasi pemerintah daerah dalam mendukung sosialisasi keberhasilan implementasi program JKN-KIS, serta monitoring dan evaluasi fasilitas layanan peserta JKN-KIS tanpa diskriminasi,” jelasnya.

Menurutnya, forum ini menjadi wadah untuk menyatukan persepsi dan meningkatkan pemahaman terhadap program JKN-KIS serta memberikan masukan untuk perbaikan layanan.

Ia menambahkan, hingga saat ini cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kendari sebesar 97,89% dari jumlah penduduk atau sebanyak 340.055 jiwa. Namun dari jumlah itu, terdapat  64.694 peserta non aktif dan 7.326 jiwa warga Kendari belum belum terdaftar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Rinaldi Wibisono mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari atas capaian cakupan layanan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) sebesar 97,89%  2023.

Meskipun telah mencapai UHC, namun BPJS meminta agar keaktifan peserta bisa ditingkatkan hingga 80% di 2024 untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Kami butuh dukungan pemerintah Kota Kendari dalam peningkatan cakupan peserta dan peningkatan keaktifan peserta JKN di tahun 2024. Jumlah cakupan peserta JKN Kendari sampai dengan 1 November 2023 sebesar 97,89% dan tingkat keaktifan sebesar 79,27%,” jelasnya.

Ia berharap, jumlah kepesertaan JKN-KIS di Kendari terus bertumbuh termasuk keaktifan pesertanya.

Kegiatan ini juga diikuti sejumlah kepala OPD yakni, Kepala Bappeda, Kepala BKAD, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sekretaris Dinas Sosial, Wakil Direktur RSUD Kota Kendari dan perwakilan Rumah Sakit dr Ismoyo Kendari. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *