Catat! 27 Peserta PMM Angkatan Tiga UHO Gelar Kontribusi Sosial Tiga Lokasi di Baubau

HaluoleoNews.ID, KENDARI – Dalam rangka memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat. Sebanyak 27 peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 3 Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan kegiatan Kontribusi Sosial di tiga lokasi di Kota Baubau,sejak 2- 4 November 2023.

Adalah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Wajo, Pesantren Madinah Qur’an, dan Pantai Nirwana. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari bahan pembelajaran (modul) nusantara di kampus hijau itu.

Mentor Kelompok Anoa, Arfaid mengatakan, bahwa ada sebanyak 27 mahasiswa dari sabang sampai merauke yang tergabung dalam PMM angkatan 3 UHO, yang terbagi menjadi dua kelompok, yakni adalah Anoa dan Sangkola yang melakukan giat kontribusi sosial. Sebut dia, kelompok Anoa mengadakan giat di SDN 1 Baubau dengan pemaparan materi tentang bullying.

Pelaksanaan kegiatan di Pesantren Madinah Qur’an oleh peserta PMM angkatan 3 UHO.

Selanjutnya, pemaparan materi tentang pelecehan seksual, menghargai toleransi dan lomba mewarnai serta games tanya jawab seputar kebhinekaan Indonesia.

“Kegiatan kontribusi Sosial ini sangat bagus, karena selain memberikan kontribusi nyata ke
masyarakat, mahasiswa juga dapat bertukar informasi mengenai kebudayaan daerah masing- masing.” Ujar Arfaid, Senin (4/12/2023).

Sementara itu, Kepala SDN 1 Wajo, Minarmi, S.Pd mengungkapkan, bahwa suatu kehormatan bagi SDN 1 Wajo dapat dikunjungi dan bertemu oleh peserta PMM angkatan 3 UHO. Apalagi peserta didiknya sangat antusias.

Foto bersama seusai bersih- bersin Pantai Nirwana di Kota Baubau oleh peserta PMM angkatan 3 UHO.

“Kita berharap, para peserta PMM UHO ini bisa kembali datang di SDN 1 Wajo, guna melakukan kegiatan lainnya atau sekedar datang bersilaturahmi,” ucapnya.

Sedangkan kelompok sangkola mendatangi Pesantren Madinah Qur’an yang disambut dengan senang dan sukacita oleh anak- anak pesantren. Dimana materi yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan kelompok Anoa, hanya saja ditambah dengan games, berbagai sembako, dan berbagai tentang kebhinekaan serta kearifan lokal, budaya diluar maupun dalam Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan selanjutnya, membersihkan sebagian sampah di Pantai Nirwana. Kelompok
Anoa dan Sangkola bergabung untuk memungut sampah dan menyumbangkan dua tempat
sampah di dua titik pantai.

Bersih- bersih Pantai Nirwana oleh peserta PMM angkatan 3 UHO.

“Menurut saya, bersih-bersih pantai ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan memberikan banyak manfaat, baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Pantai yang bersih tidak hanya mengurangi polusi dan menjaga ekosistem laut tetap sehat, tetapi juga meningkatkan estetika dan nilai rekreasional suatu tempat,” tutur Mentor Kelompok Sangkola, Chairil.

Ia berharap, kegiatan PMM angkatan 3 UHO ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dan turis yang datang di Pantai Nirwana, tentang Pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Serta dapat menggerakkan Pemerintah dan otoritas lokal untuk membuat kebijakan yang lebih ketat mengenai sampah di pantai dan mampu berpartisipasi serta berkolaborasi.

“Semoga Pantai Nirwana di masa depan tidak hanya menjadi tempat yang indah dikunjungi tetapi juga lingkungan yang sehat bagi spesies hewan laut, karena keberhasilan pantai merupakan langkah kecil namun fundamental untuk konservasi laut dan keberlangsungan planet kita,” pungkasnya.

 

Reporter: Najma Fakhira

Editor : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *