Gubernur Sultra Ali Mazi Salurkan BLT Lansia di Baubau

#Catat! Rp1 juta Perjiwa

Berita Utama434 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi SH menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Lansia (Lanjut Usia) periode Januari- April 2023 di Kota Baubau. Bantuan langsung tunai yang diberikan sebesar Rp250 ribu perjiwa perbulan, dengan total bantuan yang akan diterima Rp1 juta, Rabu (19/4).

Turut hadir,  diantaranya Sekda Sultra, Dr Asrun Lio; Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse S. Pd; Anggota DPRD Baubau; Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sultra, Dra. Zanuriah; Kepala Dinas Sosial Sultra, Dr Pahri Yamsul; Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sultra, Dra. Hj. Isma.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH mengatakan, bahwa persoalan inflasi saat ini masih terus menjadi perhatian serius pemerintah pusat dan daerah, termasuk di Sultra. Mengingat dampaknya  yang begitu dirasakan masyarakat, utamanya masyarakat menengah ke bawah. Persoalan tersebut, tentu menjadi satu tantangan yang perlu disikapi dan mencari jalan keluarnya.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah terus berikhtiar sekuat tenaga, selain melakukan langkah-langkah percepatan pengendalian inflasi, juga melakukan berbagai upaya penanganan atau pengurangan dampak inflasi agar tidak menimbulkan persoalan lainnya, seperti ancaman kemiskinan ekstrem.

“Salah satu langkah penanganan dampak inflasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat dengan kelompok Sasaran Penerima Bantuan, yaitu Masyarakat Lanjut Usia Kategori Miskin, sebanyak 1.000 orang (500 orang di wilayah Kota Kendari dan 500 orang di Kota Baubau ). Jumlah lanjut usia penerima BLT tersebut, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial masing-masing kota, dan telah diverifikasi oleh Dinas Sosial Sultra,” ujarnya.

Ia menuturkan, adapun nilai BLT yang diberikan sebesar Rp250 ribu per jiwa, per bulan. BLT yang diberikan tahap ini periode Januari- April 2023, sehingga total BLT yang akan diterima, sebesar Rp1 juta.  Lanjut dia, penyerahan BLT di Kendari telah dilaksanakan pada 17 April 2023, sedangkan di Baubau baru dapat dilaksanakan pada 19 April 2023.

Ia mengungkapkan, pemberian BLT ini salah satu wujud pelaksanaan program Sultra Peduli Kemiskinan, yang merupakan satu dari lima program prioritas “AMAN” (Ali Mazi – Lukman Abunawas) dalam memimpin dan membangun daerah Sultra tercinta.

“Saya berharap melalui pemberian BLT, kita dapat mengurangi beban hidup dan sekaligus menambah daya beli masyarakat penerima bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tertutama dalam menghadapi perayaan Hari Raya Idul Ftiri Tahun 1444 Hijriyah / 2023 Masehi,” ucapnya.

Melalui penyaluran BLT ini, Ali Mazi ingin menegaskan bahwa di akhir-akhir masa jabatannya, Gubernur Ali Mazi masih terus fokus dan bergiat dalam melaksanakan kebijakan dan program pembangunan daerah, serta tetap konsen dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat Sultra, sebagai wujud tanggung jawabnya dalam melaksanakan amanat masyarakat Sultra, dan amanat Undang-Undang dan amanat Pemerintah.

“Saya terus mengharapkan dukungan dari berbagai komponen pemerintahan dan masyarakat di Sultra, tidak terkecuali di Kota Baubau ini, agar Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat, menuju Sultra masa depan Indonesia, dapat kita wujudkan secara bersama-sama,” bebernya.

Selain itu, Ali Mazi mengajak kepada semua masyarakat Sultra untuk meningkatkan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyakarat yang membutuhkan bantuan, mari menjaga silaturahmi, serta perkokoh persatuan dan kekompakan dalam membangun masyarakat, daerah, serta bangsa dan negara.

Reporter : La Ode Hamid

Editor     : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *