Hari ini Pengumuman Kelulusan SMP dan SD di Kendari

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Setelah menyelesai Ujian Sekolah Berbasis Digital (USBD) belum lama ini, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta di Kota Kendari dijadwalkan bakal mengumumkan hasil kelulusan para peserta didik, pada Kamis (8/6) hari ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari melalui Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar (Dikdas), Gida Muthiasari mengatakan, bahwa  satuan pendidikan di Kota Lulo harus senantiasa menjaga keamanan, ketertiban, dan stabilitas terkait dengan kelulusan peserta didik hari ini.

Ia menyarankan, agar pengumuman kelulusan jenjang SMP dan SD di Kendari dilaksanakan pada malam hari di satuan pendidikan masing- masing, sambung dia, dengan tujuan untuk menjaga supaya tidak ada euforia kelulusan yang berlebihan Karena memang peserta didik SMP dan SD ini akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Makanya harus tenang dan tidak menimbulkan kekisruhan dan euforia yang berlebihan dalam pengumuman kelulusan ini. Sepeti coret- coret baju, konvoi kendaraan bermotor, kumpul- kumpul di jalan raya. Kan bajunya bisa disumbangkan kepada adik kelasnya,” ujarnya, Rabu (7/6).

Ia menuturkan, bahwa apabila ada peserta didik yang tidak lulus saat pengumuman atau tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya (SD ke SMP dan SMP ke SMA). Sebut dia, guru satuan pendidikan tersebut akan menyambangi ke rumah peserta didik yang bersangkutan untuk menyampaikan kepada orang tuanya alasan anaknya belum bisa diluluskan.

Lanjut dia, guru satuan pendidikan tidak diperkenankan menyampaikan kepada orang tua yang bersangkutan melalui pesan WhatsApp (WA), Short Message Service (SMS) dan sejenisnya. Sebut dia, kalau tidak ada guru yang menyambangi rumah orang tua peserta didik, pertanda siswanya lulus 100%.

“Dikmudora Kendari tidak mengumumkan kelulusan peserta didik, tetapi kita serahkan 100% kepada satuan pendidikan. Karena memang nilai dikelola oleh mereka, jadi SD itu diambil nilainya dari hasil USBD dan nilai kelas 4, 5 dan kelas 6 semester 1. Sedangkan SMP itu diambil nilainya juga dari hasil USBD dan  kelas 7, 8, dan kelas 9 semester 1. Jadi kita hanya menyelenggarakan  USBD saja,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan laman website Disdikkendari.id, total peserta USBD yang akan menunggu hasil kelulusannya pada Kamis (8/6) jenjang SMP sebanyak 5.100 peserta didik. Sedangkan jenjang SD sebanyak 5.052 orang.  (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *