Ini Agenda Penting PRB 2023 di Bumi Anoa

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Hari ini, pelaksanaan peringatan menyambut bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tingkat nasional 2023 di Sulawesi Tenggara (Sultra) atau Bumi Anoa yang dimulai sejak 11- 15 Oktober 2023.

PRB sendiri tujuannya salah satunya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, berikut Agenda PRB 2023 di Sultra:

Apel Kesiapsiagaan

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapsiagaan yang dihelat di Lapangan Eks- MTQ Kendari, pada Rabu (11/10/2023). Apel ini melibatkan berbagai unsur masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda), TNI, dan Polri, untuk menunjukan komitmen bersama dalam menghadapi situasi darurat bencana.

Simulasi Kebencanaan

Apel kesiapsiagaan digelar di Eks- MTQ Kendari, dilakukan simulasi kebencanaan untuk menguji kesiapan dan koordinasi dalam menghadapi bencana. Langkah ini, dalam meminimalkan risiko dan kerugian yang dapat terjadi selama bencana.

Pameran Ignaite Stage dan Talkshow

Pameran bertajuk “Ignite Stage” dibuka di Lapangan Eks- MTQ Kendari pada 11 sampai 12 Oktober 2023. Selain itu, bakal ada Talkshow yang membahas berbagai aspek penting terkait pengurangan risiko bencana. Masyarakat diundang mengikuti pameran dan mendengarkan pembicaraan informatif ini.

Donor Darah

Donor darah sendiri akan diadakan pada 11 sampai 12 Oktober 2023. Donor darah ini merupakan kontribusi penting dalam situasi darurat dan bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Kuliah Umum

Kuliah umum tentang PRB akan dilaksanakan di Auditorium Mokodompit Universitas Halu Oleo (UHO) pada 12 Oktober 2023. Para ahli akan berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dalam upaya mengurangi risiko bencana di wilayah Sultra.

Penanaman Pohon

Masyarakat diajak berpartisipasi dalam upaya konservasi lingkungan dengan penanaman pohon di Desa Tapulaga, Kabupaten Konawel, pada 12 Oktober 2023. Ini merupakan langkah nyata dalam mengurangi risiko bencana terkait dengan perubahan iklim.

Puncak Acara

Puncak acara peringatan bulan PRB akan di gelar di Claro Hotel Kendari, pada 13 Oktober 2023. diacara ini menampilkan berbagai kegiatan menarik yang mengedukasi dan menghibur masyarakat sekaliguss meningkatkan kesadaran akan pentingnya PRB.

Gelar Budaya

Pada 13 Oktober 2023 akan ada gelar budaya sebagai bagian dari peringatan bulan PRB. Ini merupakan kesempatan untuk memahami warisan budaya daerah sambil merayakan solidaritas dalam menghadapi risiko bencana.

Run For Your Life

Dimulai dari Masjid Al Alam Kendari, pada 13 Oktober 2023. Acara ini bertujuan meningkatkan pentingnya kesiapsiagaan dalam situasi darurat. Bulan PRB 2023, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya mengurangi risiko bencana dan menjaga keselamatan bersama. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk belajar dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih tangguh terhadap bencana.

Jadikan juga PRB ini sebagai momentum meningkatkan kesadaran risiko bencana dalam mempersiapkan diri serta komunitas untuk menghadapinya dengan baik, mari bersama- sama menjaga Bumi Anoa ini dari potensi risiko bencana.

 

Sumber Artikel: BPBD Sultra

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *