Minimalisir Penggunaan Sampah Plastik di Hari Raya Kurban 1444 Hijriah, DDV Sultra Sukses Bentuk Gerakan Penggunaan Kemasan Non Plastik

Berita Utama, Ekobis2592 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik di hari raya kurban 1444 Hijriah, Dompet Dhuafa Volunter (DDV) Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses membentuk gerakan mengajak penyelenggara kurban khususnya di masjid agar menggunakan kemasan non plastik dalam mendistribusikan daging kurban, sejak 28 Juni sampai 1 Juli 2023.

DDV Sultra sendiri pada Idul Adha 1444 Hijriah atau hari raya kurban menyalurkan daging sebanyak kurang lebih 300 Kg untuk wilayah Kota Kendari, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Bombana. Meliputi masjid , pesantren, panti asuhan, dan yayasan penyelenggara kurban.

Person In Charge (PIC) atau Penanggung Jawab DDV Sultra, Hasmin Roy menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini sebenarnya adalah kampanye  untuk mengajak masjid, dan para panitia kurban agar bisa meminimalisir sampah plastik, makanya DDV Sultra menggunakan Kemasan Besek, anyaman dari bambu sebanyak 300 kemasan.

Penggunaan kemasan ramah lingkungan baik dari alam yang digagas DDV Sultra.

Adapun yang lainnya pihaknya menggunakan daun jatih, daun pisang dan daun kelapa yg dikreasikan oleh para relawan bersama warga lokasi disembelihnya hewan kurban.

“Kegiatan Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik ini merupakan kegiatan Tahunan yang diselenggarakan secara nasional oleh Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat khususnya pelaksana kurban di setiap daerah,” ujarnya, Kamis Minggu (2/7/2023).

Selain melibatkan komunitas, DDV Sultra juga melibatkan influencer untuk membantu mengkampanyekan kegiatan ini agar jangkauan kesadaran akan lingkungan makin meluas.

“Kami berkolaborasi dengan influencer seperti La Ode Master Chef, dan Sasmita Sugiardi, mereka membantu kami dalam mengkampanyekan kegiatan baik ini demi terciptanya kesadaran meminimalisir penggunaan plastik yg tidak ramah lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan DDV Sultra, Hasfil mengucapkan terima kasih kepada para masjid, pesantren, yayasan, instansi yang sudah mau ikut mengambil bagian dari gerakan Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik.

“Terimakasih kepada masjid- masjid dan kantor atau yayasan yg sudah bekerjasama dan menggunakan besek untul kemasan daging kurbannya, dengan demikian mereka telah mengajak masyarakat untk sadar dan peduli lingkungan, Kurban Asik tanpa sampah plastik,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *