Muh Saleh: Hindari Politik Identitas Mengatasnamakan Agama Jelang Tahun Politik 2024

Pemerintahan1845 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Komisi Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prov. Sulawesi Tenggra (Sultra) menggelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama yang dibuka langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, H Muhamad Saleh, di Kantor MUI Sultra, Sabtu (3/6/2023). 

Dialog dihadiri, diantaranya  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, tokoh dan majelis lintas agama, Organisasi Masyarakat (Ormas) agama serta seluruh jajaran MUI Prov. Sultra.

Dikesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Sultra, H Muhamad Saleh mengapresiasi kepada Komisi Kerukunan Umat Beragama MUI Sultra yang senantiasa terus berperan aktif dan bersinergi menjaga keutuhan dan kerukunan umat beragama di Sultra.

Sambung dia, terutama dalam menghadapi situasi tahun politik 2024.

“Para pengurus MUI sekaligus Forum Kerukanan Umat Beragama (FKUB ) yang konsen di forum kerukunan antar umat beragama, untuk melakukan dialog sekaligus deklarasi damai seluruh tokoh dan majelis agama memasuki momentum tahun politik tahun 2024 mendatang. 

Kata dia, seperti halnya yang dilakukan oleh Kemenag Kota Baubau, FKUB dan Pemerintah Kota Baubau beberapa pekan lalu. Mereka melakukan dialog sekaligus deklarasi damai pada momentum HAROA yang merupakan budaya lokal daerah setempat

Hal tersebu menurutnya, merupakan sebuah pendekatan yang sangat baik dalam rangka menciptakan suasana damai jelang Pemilu.

“Konsen kita memasuki tahun politik ini adalah menghindari politik identitas yang mengatasnamakan agama. Makanya saya mengajak seluruh umat beragama untuk saling menopang dan mendukung, sangat baik jika umat beragama hidup di komunitas agamanya, namun jauh lebih indah jika bisa hidup bersama dan berdampingan dengan pemeluk agama lain dalam suasana damai untuk mencapai kemaslahatan umat, kejayaan bangsa dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Ia menegaskan, Kemenag Sultra siap bersama-sama dengan MUI Prov. Sultra khususnya Komisi Kerukunan Umat Beragama bersama komponen bangsa untuk menciptakan suasana damai dan sejuk dalam menyongsong pesta demokrasi tahun 2024. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *