Pemkot Kendari Akan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Serentak

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu meninjau lokasi kegiatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Rabu (30/8/2023).

Rencananya akan dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri. Kegiatan ini akan dipusatkan di ruang terbuka publik kali Kadia Kota Kendari.

Dalam kunjungan itu, Pj Wali Kota melihat proses pembersihan lokasi, serta penataan lokasi seperti penempatan panggung pembukaan dan tenda booth pelayanan Aktivasi IKD berlangsung.

“Hari ini, kami turun langsung di lapangan bersama OPD teknis terkait, untuk memastikan kesiapan tempat berlangsungnya acara aktivasi IKD yang akan dihadiri langsung pak Dirjen Dukcapil pada hari Jumat 1 September 2023,” katanya.

Asmawa juga menyampaikan, di kegiatan Aktivasi IKD tersebut akan dihadiri ribuan masyarakat utamanya yang belum melakukan aktivasi KTP digital.

“Dikegiatan Aktivasi IKD tersebut setiap OPD menghadirkan ASN dan non ASN yang belum melakukan aktivasi IKD, serta para guru dan perwakilan warga masyarakat di setiap kelurahan di Kota Kendari yang belum aktivasi IKD dipastikan hadir, kalau dihitung-hitung jumlahnya ribuan,” ungkapnya.

Pj Wali Kota Kendari berpesan kepada seluruh masyarakat yang belum melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital bisa memanfaatkan momen kegiatan Aktivasi IKD di RTP Kali Kadia atau bisa langsung datang ke Dinas Dukcapil gedung MPP Kota Kendari dan layanannya gratis tanpa dipungut biaya.

Untuk diketahui, aktivasi IKD ini adalah sebagai versi lain dari KTP-el dalam bentuk digital. IKD bukan hanya berisi KTP digital, tetapi juga Kartu Keluarga, akta lahir serta dokumen lain. Ke depan IKD akan semakin canggih dan terintegrasi dengan kartu lainnya. Sebab Dukcapil akan menjadi backbone layanan digital sektor pemerintah dan sektor swasta. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *