Raih Medali Emas Olahraga Kempo Ajang Pomnas, Rektor: Prestasi David Ukaza Sejarah dan Pahlawan Bagi Unsultra

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Rektor dan sivitas Akademika Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menyambut dan menerima secara resmi mahasiswa peraih medali emas cabang olahraga kempo pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII di Kalimantan Selatan (Kalsel) 2023, di Pelataran Rektorat Unsultra, Selasa (21/11/2023).

Adalah, David Ukuza yang tercatat sebagai Mahasiswa Baru (Maba) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsultra dan menjadi kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika kampus merah maron itu. Penyambutan David turut dihadiri, diantaranya Para Wakil Rektor (WR), Ketua Program Studi (Prodi), ketua lembaga dan tenaga kependidikan lingkup Unsultra.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M. Sc., Agric mengatakan, bahwa torehan prestasi David Ukuza mahasiswa FISIP Unsultra merupakan sebuah sejarah pertama dan pahlawan bagi kampus yang dipimpin Prof Andi Bahrun dalam ajang Pomnas.

Untuk itu sambung Prof Andi, sebagai bentuk dukungan dan apresiasi pihaknya melakukan penyambutan secara resmi kedatangan David Ukaza, dan ini juga sebagai bentuk ajakan kepada sivitas akademika Unsultra bahwa setiap prestasi harus mendapatkan apresiasi , saling mendukung, suport, dan memberikan motivasi.

David Ukaza (Jalet merah Maton Unsultra) didampingi Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun (kemeja putih).

Sehingga prestasi yang ditorehkan David Ukaza dapat ditorehkan mahasiswa lainnya yang ada di Unsultra kedepan. Ini adalah momentum kebangkitan mahasiswa Unsultra untuk berprestasi.

“Insya Allah keberhasilan dari David Ukaza ini dapat diikuti para mahasiswa lainnya di masa yang akan datang. Dan hari ini (red) salah satu apresiasi kami juga dengan kemampuan yang kami miliki memberikan riward kepada David Ukaza, yakni bebas SPP selama 3 semester,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, riward yang diberikan pihak kampus tersebut merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), karena David Ukaza mendapatkan medali emas pada iven nasional yang bergengsi. Selain itu David Ukaza mendapatkan rekognisi atau pengakuan 4 SKS dengan nilai A.

Kata dia, hal tersebut sudah sejalan dengan amanah dan peraturan dari pihak kementerian dan juga peraturan yang ada di Unsultra, maka setiap prestasi dan semua aktivitas kegiatan kemahasiswaan yang berprestasi disamping mendapatkan riward dalam bentuk penghargaan baik SPP maupun SKS yang tergantung levelnya masing- masing.

Suasana penyerahan medali emas dan boneka maskot oleh Rektor Unsultra kepada David Ukaza yang disaksikan WR III dan Dekan FISIP Unsultra.

“Sekali lagi inilah yang kita dorong kepada para mahasiswa, bahwa prestasi olahraga, Karya Tulis Ilmiah (KTI), seni dan lainnya bagian yang penting untuk menentukan masa depan Unsultra dan menentukan masa depan alumni. Oleh karena itu, tidak hanya semata akademik atau IPK, non akademik juga menentukan kemampuan mereka untuk berdaya saing terutama untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak,” ucapnya.

Selain itu, prestasi yang diraih David Ukaza saat ini merupakan satu pintu yang terbuka lebar untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, bahkan kelas dunia. Hal tersebut yang Rektor Unsultra tekankan kepada David Ukaza, bahwa momentum kali ini menjadi kebangkitan Ukaza sendiri dan mahasiwa lainnya.

David Ukaza berfoto bersama pengurus lembaga kemahasiswaan lingkup Unsultra.

“Saya juga tadi menekankan kepada David Ukaza untuk menuju iven- iven lainnya. Misanya PON, SEA Games, termasuk olimpiade, dan kejuaraan dunia itu harus ditata. Oleh karena itu juga, Insyaallah dengan keberhasilan ukaza ini peminat dan bakat di Unsultra semakin meningkat, terlihat kampus sudah dijadikan sebagai tempat untuk latihan kempo, dan beladiri lainnya,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *