Resya Sastra Dewa dan Wa Ode Wulandari Dinobatkan Menjadi Juara Pildubas Sultra 2023

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Setelah melewati proses seleksi yang cukup melelahkan. Akhirnya! Putra dari Kab. Konawe Utara (Konut) dan Putri  Kota Kendari dinobatkan menjadi juara Pemilihan Duta Bahasa (Pildubas) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2023, bertempat di Phinisi Ballroom Claro Hotel Kendari, Sabtu (10/11) malam.

Dia adalah, Resya Sastra Dewa dan Wa Ode Wulandari. Sebelumnya, ada 106 orang mendaftar dan 96 orang mengikuti serangkaian tes, baik tes esai dan wawancara yang menghasilkan 40 calon finalis. Selanjutnya 20 finalis dipilih setelah melewati tes psikotes.

Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST), Dr. Uniawati, S.Pd., M. Hum mengatakan, bahwa Pildubas Sultra ini bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

KBST terakhir menggelar Pildubes 2022 lalu. Kala itu, hanya 70 orang yang mendaftar. Dan 2023 ini, lebih dari 100 orang yang mendaftar. Artinya, tahun ke tahun seiring berjalannya waktu Pildubas memperlihatkan dan mempertunjukan kualitas didepan mata masyarakat.

“Para pemuda telah mampu menampilkan yang terbaik di depan juri, bahwa menjadi seorang Duta Bahasa bukan hanya sekedar tampil atau simbolis. Tetapi menjadi Duta Bahasa, menjadi figur yang mampu menyebarkan energi positif kepada para pemuda agar tetap meningkatkan sikap positif mereka  dalam kehidupan sehari- hari melalui bahasa khususnya bahasa Indonesia,” ujarnya.

Sebut Dr Uniawati, harus Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing. Duta Bahasa ini telah memberikan kontribusi besar dalam pemeliharaan Bahasa di masyarakat Sultra dan umumnya Indonesia.

Ia berharap, Duta Bahasa terpilih tersebut semoga mampu melahirkan dan mengembangkan dirinya menjadi Duta Bahasa tidak hanya ditingkat daerah, melainkan ditingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Resta Sastra Dewa mengungkapkan, bahwa dirinya tidak menyangka mendapatkan gelar dan di umumkan sebagai juara terbaik oleh tiga dewan juri. Hasil yang didapatkan ini tidak terlepas dari banyak belajar tentang kebudayaan,kesastraan,bahasa daerah dan pengembangan literasi.

Lanjut dia, materi yang diberikan selama karantina sangat bermanfaat, karena materi yang bersifat membangun.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kedua orang tua,teman-teman seperjuangan yang selalu mensupport dan mendukung saya untuk berlaga di kompetisi ini,” tuturnya.

Selain itu,  Wa Ode Wulandari menambahkan, mengikuti Pildubes ini tidak mudah, mesti melewati semua peserta dari berbagai jurusan. Apalagi mereka mempunyai kelebihan dan keunggulan masing- masing.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UHO ini menuturkan, kompetisi Pildubas ini sangat ketat, saat seleksi dimulai dengan tes Psikotes, tes KBBI, dan Pengembangan literasi,  dan semua orang hebat dan punya bakat masing-masing.

“Saya berharap,  terpilihnya saya sebagai juara terbaik Duta Bahasa Sulawesi tenggara (Sultra), bisa berkompetensi dengan baik lagi di tingkat nasional dan internasional,” pungkasnya. 

Ketua Panitia Pildubes, Dwi Pratiwi F Husba mengungkapkan, bahwa tes dilakukan dalam 2 tahap. Pertama meliputi tes esai dan wawancara, yang menghasilkan 40 calon finalis.

“Selanjutnya, 20 finalis dipilih setelah melewati tahap kedua berupa tes psikotes,”  terangnya.

Berikut 20 nama-nama Duta Bahasa Sultra 2023 yang terpilih sesuai dengan  Keputusan Dewan Juri  setelah mempertimbangkan hasil penilaian.

1. Terbaik 1 putra resya sastra dewa

2. Terbaik 1 putri Wd Wulandari

3. Terbaik 2 putra Arwan pelangi

4. Terbaik 2 putri Reski Pratiwi A

5. Terbaik 3 putra Doni Reza

6. Terbaik 3 putri Wd Elli Mutia

7. Terbaik 4 putra Adam Syah Gibran

8. Terbaik 4 putri rannu Rahmat

9. Terbaik 5 putra Ahmad barlevi

10. Terbaik 5 putri Miftahul Jannah

11. Terbaik 6 putra ld Alfandi

12. Terbaik 6 putri tita muchlisa

13. Duta bahasa favorit putra iqra

14. Duta bahasa favorit putri Faizah isqanayah

15. Duta bahasa inteljensi putra ld.m Rizal

16. Duta bahasa inteljensi putri Annisa Adriani

17. Duta bahasa persahabatan putra Sahrul    ramadhan

18. Duta bahasa persahabatan putri ST Fatmah

19. Duta bahasa berbudaya putra Abd Rahmat

20. Duta bahasa berbudaya Putri Nahla Nur Anisa

 

Reporter: La Ode Hamid

Editor     : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *