Semangat Merah Putih, Terus Melaju Songsong Indonesia Emas 2045

Berita Utama1265 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Indonesia mencapai masa keemasan pada 2045 tepat saat usia kemerdekaan mencapai 100 tahun. Untuk menyambut usia emas tersebut, seluruh elemen bangsa, salah satunya generasi muda, memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan maju.

Salah satu peran nyata yang dapat diberikan generasi muda dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, adalah memberi inspirasi kepada generasi muda lainnya untuk dapat belajar dan berkarya sebaik mungkin.

“Mari kita jaga negara ini, harus menjadi negara yang demokratis. Generasi muda dipundak ada tanggung jawab yang sedang menanti,” ujar Salah Satu Pendiri Yayasan Merdeka Belajar Sulawesi Tenggara (Sultra), Sumardin, S.P., M.P, Rabu (16/8/2023).

Ia menuturkan, melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan, melalui perguruan tinggi, dapat lahir SDM yang memiliki cara berpikir inovatif, transformatif, dan mempunyai keterampilan.

Peran generasi muda sebagai masyarakat pun perlu diperkuat khususnya dalam menjaga persatuan bangsa di tengah keberagaman yang ada di Indonesia. Selain itu juga supaya terus menjaga keutuhan bangsa ini.

Modal utama yang paling besar dalam membangun bangsa ini adalah persatuan. Persatuan Indonesia, keutuhan bangsa ini.

Pentingnya peran generasi muda sambung dia, dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan kuat di usia emas 100 tahun nanti.

Selain itu, persoalan yang tidak kalah penting adalah ketersediaan tenaga pendidik berkualitas dan dukungan infrastruktur. Visi besar Indonesia Emas 2045 saat menginjak usia 100 tahun kemerdekaan harus dibarengi dengan peningkatan sektor pendidikan.

Lanjut dia, investasi pembangunan SDM mesti berfokus pada tiga aspek, adalah edukasi, etika dan karakter, serta kepekaan sosial. Selain itu, berjejaring agar lebih mudah berkolaborasi membangun bangsa di masa depan.

”Generasi muda harus didorong untuk aktif dalam kegiatan sosial. Ini sangat berguna dalam investasi pembangunan manusia,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *