Tingkatkan Kapasitas Manajemen Usaha, BPU UHO Gelar Workshop kepada Pengelola Kantin dan Foto Copy Lingkup Kampus

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Sebagai upaya meningkatkan kapasitas manajemen usaha di internal Universitas Halu Oleo (UHO). Badan Pengelola Usaha  (BPU) menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Manajemen Pengelolaan Kantin dan Foto Copy dalam Lingkup kampus hijau tersebut, bertempat di Hotel Kubah Sembilan, Sejak 30 sampai 31 Mei 2023.

Bertajuk, “Ciptakan Kantin Sehat, Berkualitas dan Berdaya Saing”, dengan menghadirkan narasumber berkompeten, diantaranya dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari.

Rektor UHO diwakili Wakil Rektor (WR) II UHO, Prof. Dr. Ir. Weka Widayati, MS mengatakan, bahwa kegiatan Workshop ini sangat bagus dan menarik, apalagi kampus yang dipimpin Prof Zamrun ini baru pertama kali mengumpulkan semua pengelola kantin dan Foto Copy lingkup kampus dalam satu ruangan yang sama.

Foto bersama seusai pembukaan Workshop.

Ia menuturkan, kehadiran kantin dan Foto Copy di lingkungan kampus menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebuah universitas. Ditambah merupakan persyaratan untuk menuju World Class University (WCU).

“Makanya dengan adanya kegiatan ini bagaimana meningkatkan kapasitas manajemen pengelolaan Kantin dan Foto Copy. Yang mempunyai kelebihan dan kompetisi positif baik dari segi harga, menu, kualitas dan lainnya yang nantinya dipadukan dengan kondisi lingkungan,” ujarnya, Rabu (30/5/2023).

Apalagi sambung dia, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) itu terkenal dengan kampus hijaunya. Jadi sangat cocok ketika pengelola Kantin dan Foto Copy duduk bersama dengan BPU UHO dalam meningkatkan kapasitas manajemen usaha khususnya di internal kampus.

Narasumber membawakan materi dihadapan para peserta Workshop

Dengan begitu, melalui Workshop ini bagaimana menata dan meningkatkan kantin- kantin yang ada di UHO dari aspek usaha, kemudian pelayanan, termasuk aspek sanitasi lingkungannya.

“Kita inikan layanan badan usaha. Hanya memang belum optimal pengelolaannya, sehingga bagaimana sekarang ini kita upayakan. Makanya melalui kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas manajemen, kami juga Badan Layanan Umum (BLU) membuka ruang untuk sumber- sumber pendapatan bagi universitas,” ucapnya. 

Karena memang beber dia, kantin ini sebuah usaha yang juga mencari keuntungan. Sehingga manajemen sangat penting bagaimana bisa dikelola dengan baik, sehingga keduanya saling menguntungkan. Tetapi kembali lagi, kantin- kantin atau usaha lainnya mempunyai persyaratan atau kriteria yang sesuai dengan World Class University (WCU).

Seperti lanjut dia, sanitasi, menu, standar pelayanan dan lainnya. Itulah yang kemudian ditingkatkan kapasitas mereka (pengelola Kantin dan Foto Copy), mudah- mudahan ilmu yang didapatkan dari Workshop ini bisa terimplementasi dengan baik di usahanya masing- masing.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *