Turunkan Angka Penyebaran Penyakit DBD,  Mahasiswa KKN Tematik Dibawah Bimbingan Dewan Guru Besar UHO Laksanakan Sosialisasi Pembuatan NARA dan MIRA di Desa Pohara 

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2023 melaksanakan Sosialisasi Pembuatan produk Nardus Pohara Spray (NARA) dan Minuman Imun Pohara Pohara (MIRA) sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Pohara, Kec. Pohara, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), bertempat di Balai Desa Pohara, pada 2 September 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri aparat desa setempat. Kegiatan KKN Tematik UHO 2023 di Desa Pohara, dibawah   bimbingan, Prof. Dr. Sahidin, S.Pd., M.Si (ketua); dan Prof. Dr. Ir. H. Gusti Ray Sadimantara, M.Agr; Dr. Wahyuni, S.Si., M.Si., Apt; Fadhliyah Malik, S.Farm., M.Farm., Apt; Fahria Nadiryati Sadimantara, S.P., M.P; dan Rahmat Muliadi, S. Farm., M.Farm.

Saat perwakilan mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 melakukan sosialisasi pembuatan produk NARA dan MIRA kepada masyarakat Desa Pohara.

Salah satu perwakilan pembimbing KKN Tematik UHO di Desa Pohara, Prof. Dr. Sahidin, S.Pd., M.Si mengatakan, bahwa NARA adalah anti nyamuk spray berbahan dasar Serai dan Kulit Jeruk yang berbahan alami, penggunaan bahan alami tentu beralih pada penggunaan bahan alami yang relatif jauh lebih aman dapat menjadi alternatif pilihan dalam mencegah gigitan nyamuk.

Ia menuturkan, salah satu tanaman yang mempunyai daya penolak nyamuk, yakni serai merah (Cymbopogon nardus) dan jeruk manis (Citrus aurantium).

Masyarakat Desa Pohara yang mengikuti sosialisasi pembuatan produk NARA dan MIRA dengan sangat antusias.

“Kedua herbal tersebut merupakan salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Pohara yang ditanam untuk dimanfaatkan sebagai produk anti nyamuk,” ujarnya.

Sambung dia, tujuan dari penyelenggaraan program pemanfaatan herbal tersebut yaitu untuk menurunkan angka penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan membunuh nyamuk aedes aegypti.

Produk MIRA yang dibuat mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 di Desa Pohara.

Selain sosialisasi pembuatan NARA, sebut dia, tim KKN Tematik UHO 2023 juga mensosialisasikan pembuatan Minuman Imun Pohara (MIRA), Minuman Herbal yang berbahan baku Lengkuas, serai, jahe merah dan kunyit ini tentu dapat meningkatkan Imunitas dan Daya tahan tubuh untuk menghindari serangan penyakit.

“Masyarakat Desa Pohara sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” ucapnya.

Sementara itu, Salah satu masyarakat di Desa Pohara, Yanti sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 ini.

Produk NARA yang dibuat mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 di Desa Pohara.

“Kegiatannya sangat bagus dan sangat bermanfaat, produk-produk yang dibuat pun sangat bermanfaat dan juga bisa untuk dimasukan kedalam usaha milik desa. Yang jelas kita masyarakat desa berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan ini,” pungkasnya. (*)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *