Unsultra Jadi Tuan Rumah Temu Wicara Regional FKMTSI Ke IX

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Forum Komunikasi Mahasiswa Tekniks Sipil Indonesia (FKMTSI) Wilayah XV Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Temu Wicara Regional (TW-Reg) FKMTSI Ke IX di Kampus Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) sebagai tuan rumah. Kegiatan bergengsi tersebut, dilaksanakan di Gedung WTC Unsultra, sejak 22 Juni – 25 Juni 2023.

Sebelum Acara di mulai peserta di sambut dengan Silat Ewa Wuna yang diperagakan oleh mahasiswa Teknik Sipil Unsultra, Acara Pembukaan yang di hadiri oleh Rektor Unsultra Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, MSc. Agric, Wakil Rektor (WR) III, Dekan Fakultas Teknik (FT) dan Wakil Dekan (WD) Teknik, Ketua BEM dan Ketua HMJ serta Alumni.

Saat membuka acara, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun menyampaikan apresiasi kepada FKMTSI khususnya panitia yang mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Temu Wicara dengan Tema “FKMTSI sebagai Wadah dalam meningkatkan Kreativitas dibidang Konstruksi dan mempererat tali persaudaraan diatas perbedaan” dengan baik serta ditandai dengan adanya kreatifitas dan inovasi desain lingkungan tempat acara dibanding dengan kegiatan sebelumnya oleh HMTS Unsultra.

“Saat ini kita sudah berada di era disrupsi ditandai dengan dinamika perubahan begitu cepat, sehingga mahasiswa khususnya yang tergabung dalam FKMTSI jangan sampai menjadi penonton dan penentang perubahan, tetapi juga jangan hanya menjadi pengikut perubahan tetapi harus menjadi pemimpin perubahan.

“Saya tidak ingin adik-adik menjadi orang yang selalu bermasa lalu dan menjadi follower semata tetapi perlu menjadi teladan dan influencer kebaikan,” katanya.

Perlu direnungkan setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. Tema kegiatan Temu Wicara kali ini sudah baik tetapi dirinya juga berharap tidak hanya focus untuk meningkatkan kreativitas tetapi perlu peningkatan inovasi, dan juga MTSI jangan hanya focus pada bidang konstruksi tetapi lebih luas pada bidang infrastruktur.

Pada era disrupsi ini adik-adik mahasiswa harus mampu beradapatasi, berinovasi, berkolaborasi dan mantap dibidang literasi digital. Unsultra terus mendorong dan mendukung berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan sesuai dengan kemampuan yang ada, karena mempersiapkan generasi unggul lahir dari kampus tidak cukup hanya dengan kegiatan perkuliahan semata tetapi perlu didukung dengan berbagai kegiatan terkait leadership, pembinaan penalaran, minat dan bakat serta bebagai kecakapan lainnya seperti public speaking, problem solving dan berbahasa asing.

Apresiasi khusus kepada FKMTSI yang mengangkat tema kegiatan tidak hanya terkait kreativitas tetapi juga terkait persaudaraan dan keberagaman. Ia berharap kepada adik-adik mahasiswa menjadi garda terdepan terus menggelorakan tema terkait kebhinekaan atau persatuan dan keberagaman.

“Kita bisa besar, kita bisa sukses dan meraih mimpi besar jika kita saling memahami, menghargai, solid, Bersatu dan kita jaga harmonisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tehnik, Dr. Ir. Irwan Lakawa, S.T, M.T berterima kasih atas kegiatan Temu Wicara Regional FKMTSI dengan tuan rumah HTMTS Unsultra. Kegiatan yang diselenggarakan oleh FKMTSI terus mengalami kemajuan yang luar biasa dan semoga terus dapat ditingkatkan.

“Kegiatan FKMTSI ini bukan pertama kali di laksanakan di kampus Unsultra akan tetapi pernah juga dilaksanakan kegiatan Tewu Wicara Nasional yang di hadiri seluruh mahasiswa teknik sipil se Indonesia pada 2022 lalu,” ungkapnya.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Yuda dirinya berusaha menyelenggarakan kegiatan FKMTSI dengan baik dan  inovasi. Temu wicara regional ini dilaksanakan selama 4 hari, sejak 22- 25 Juni 2023 bersama perwakilan dari 4 perguruan Tinggi di Sultra, yaitu Unsultra, Universitas Lakidende (Unilaki), Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra), dan Universitas Muhammadiyah (UM) Buton.

“Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan seminar tentang Trasportasi Jalan Raya di Sulawesi Tenggara (Sultra), pada hari kedua diadakan Kongress dan selanjutnya sebelum acara penutupan akan ada studi tour ke proyek pembangunan tanggul banjir sungai wanggu,” tuturnya.

Mewakili Koordinator FKMTSI Wilayah XV, Ardyanto mengungkapkan, kegiatan ini adalah salah satu agenda tahunan yang di lakukan  FKMTSI wilayah XV untuk kembali mempererat tali silahturahmi sesama mahasiswa Teknik Sipil.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) yang selalu mamfasilitasi seluruh kegiatan yang di adakan oleh HMTS unsultra, ucapan terimakasih juga kepada pihak fakultas teknik universitas Sulawesi tenggara atas dukungan yang di berikan sehingga kegiatan kami bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. 

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *