UPT Bahasa Bersinergi dengan FPIK UM Kendari Terkait Peningkatan Kualitas Bahasa Inggris

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari bersinergi dengan  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)  UM Kendari terkait peningkatan kualitas Bahasa Inggris.

Meliputi dua hal, yaitu pelaksanaan tes English as a Standardized Test (EAST) dan pelatihan penulisan abstrak dalam Bahasa Inggris.

Kepala UPT Bahasa UM Kendari, Dr. Maulina, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa Test EAST merupakan sebuah tes bahasa Inggris yang dirancang UPT Bahasa UM Kendari meliputi tiga aspek.

Adalah, Listening Comprehension, Structure, dan Reading Comprehension dengan menggunakan objective test berupa Multiple Choice, True/False, dan Completion. Mahasiswa mendaftar tes EAST melalui website east.umkendari.ac.id.

Tes dilaksanakan secara offline di Lab Bahasa UM Kendari. nilai EAST kemudian dapat dilihat melalui akun masing-masing maksimal 5 hari setelah tes. Sertifikasi Tes EAST berlaku khusus internal UM Kendari sebagai syarat lulus mata kuliah Bahasa Inggris atau syarat untuk ujian Proposal/Hasil/Skripsi sesuai dengan kebutuhan masing-masing Fakultas/Program Studi.

“Tes EAST ini adalah tes untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari,” ujarnya, Jumat (19/1/2024).

Ia menyampaikan, semoga mahasiswa memiliki kompetensi Bahasa Inggris yang baik dan terbiasa dengan tes Bahasa Inggris, sehingga mampu mendapatkan nilai maksimal sebagai syarat mengikuti kegiatan pengalaman belajar di luar kampus.

“Seperti  program MBKM, IISMA, Short Course, dan kegiatan internship/fellowship ke luar negeri juga lulusan UM Kendari dimaksimalkan siap melanjutkan studi di dalam dan luar negeri melalui jalur beasiswa,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FPIK UM Kendari, Lely Okmawaty Anwar, S.Pi., M.Si sangat mendukung program UPT Bahasa UM Kendari dalam hal menfasilitasi dan membantu dalam meningkatkan kompetensi Bahasa Asing bagi mahasiswa dan lulusan FPIK.

“Agar mahasiswa dapat memiliki daya saing yang tinggi, baik pada tingkat lokal maupun global,” pungkasnya. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *