Diikuti Antusias Pemilih Pemula, KPU Sultra Sukses Luncurkan Program Bertajuk “Panggung Demokrasi” di The Park Kendari

HaluoleoNews.ID, KENDARI– Komisi Pemiliha¬† Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan program bartajuk “Panggung Demokrasi” di The Park Kendari Mall, Selasa (11/6) malam. Turut dihadiri, diantaranya pemilih pemula dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan perwakilan Perguruan Tinggi (PT) serta masyarakat yang ada di Kota Kendari.

Berbagai inovasi diluncurkan KPU dalam menyukseskan gelaran Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada November 2024 mendatang. KPU ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat berdiskusi demi mewujudkan suksesi pelaksanaan Pilkada yang aman.

Koordinator Divisi (Kordiv) Parmas dan SDM KPU Sultra, Amiruddin bersama Komisioner Bawaslu Bahari menjadi pemateri dikesempatan baik ini. Amiruddinmengungkapkan, Panggung Demokrasi bertujuan untuk mengajak masyarakat mendiskusikan praktek demokrasi di Pilkada ini seperti apa.

“Hari ini sesi pertama narasumbernya dari KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk mempresentasekan sejauh mana kesiapan penyelenggara Pemilu khususnya di Sultra untuk menggelar Pilkada 2024,” terangnya.

Disesi berikutnya, sambung Amiruddin, narasumbernya nanti melibatkan langsung masyarakat untuk membicarakan terkait Pilkada.

“Jika sebelumnya kita di ruang-ruang digital, nah untuk Panggung Demokrasi ini kita bawa di ruang publik. Kita berdiskusi, bertatap muka, berbicara secara langsung, untuk membahas isu-isu Pilkada.

Bisa saja kita mengangkat soal bagaimana menolak politik uang misalnya, tapi bukan KPU yang ngomong tapi masyarakat,” terang Amiruddin.

Tidak hanya di The Park Kendari, KPU Sultra juga merencanakan hal serupa di Lippo Plaza Kendari, kampus-kampus hingga ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kita juga melibatkan mereka untuk berdiskusi. Pada prinsipnya kami ingin mempraktekkan lagi bahwa KPU memfasilitasi semua kalangan,” terangnya lagi.

Dirinya berharap masyarakat bisa mengikuti seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024. “Makanya kita gencar sosialisasi Pilkada mulai dari awal sampai akhir supaya masyarakat tahu,” beber Amiruddin.

“Kami juga berharap masyarakat berpartispasi bukan hanya hair H tapi mempersiapkan diriya utamannta memastikan dirinya terdata supaya parrisipasi pemilih kita yang 82 persen bisa naik lagi di Pilkada ini,” pungkas Amiruddin. (Adv)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *