Dikmudora Segera Buka Pendaftaran PPDB Jenjang SMP dan SD di Kendari

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari segera membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) secara online atau Dalam Jaringan (Daring) pada 19- 27 Juni 2023 mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikmudora Kendari, Hartini, S.Ag., M.PdI mengatakan, bahwa untuk formasi pendaftaran PPDB 2023 ini sama dengan tahun sebelumnya, yakni mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)  Nomor 1 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB TK, SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022, bahwa PPDB untuk SD, SMP, dan SMA dilaksanakan melalui jalur pendaftaran PPDB. 

Sambung Hartini, yakni jalur pendaftaran PPDB meliputi, Zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan atau prestasi. selain itu, pendaftaran PPDB 2023 ini juga dilaksanakan secara objektif, transparan, dan akuntabel  Juga dilakukan tanpa diskriminasi. Untuk jalur Zonasi sendiri di Kendari masih berbasis kelurahan, disamping itu pihaknya juga telah mengidentifikasi satuan pendidikan yang sempat mengalami masalah zonasi.

“Seumpamanya ada satu sekolah yang berada di kelurahan A padahal dia (calon peserta didik) berada di kelurahan yang sama. Tetapi mempunyai jarak yang lebih dekat dengan sekolah yang berada di kelurahan B, itu yang coba kita petakan untuk tahun ini supaya tidak ada lagi permasalahan yang begitu ribet dilapangan yakni,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/6/2023).

Ia menuturkan, untuk kuota PPDB berdasarkan Permen jenjang SD persatu Rombongan Belajar (Rombel) diisi 28 peserta didik. Sedangkan kuota PPDB jenjang SMP persatu Rombel diisi 32 peserta didik. Sebut dia, dengan total Rombel SD sebanyak 287 dan total Rombel SMP 190.

Ia berharap, pembukaan PPDB 2023 ini orang tua calon peserta didik dan calon peserta didik harus mengetahui informasi terkait pendaftaran, karena Dikmudora Kendari tidak menginginkan ada anak- anak di Kota Lulo yang tidak bersekolah. Melainkan calon peserta didik itu semuanya harus menyenyam pendidikan.

Pihaknya juga bakal membuka pendaftaran PPDB jenjang SMP dan SD secara offline manakala masih ada satuan pendidikan yang tidak memenuhi kuotanya dan calon peserta didik yang tidak terkafer agar dibukakan secara offline tetapi dibicarakan khusus terlebih dahulu.

“Untuk saat ini kita masih action di PPDB jenjang SMP dan SD secara online,” pungkasnya.

Sementara itu, Admin PPDB 2023  Dikmudora Kendari, Kaharudin menambahkan, persiapan PPDB yang dilakukan Dikmudora Kendari saat ini sudah mencapai 100%. Mengingat server pendaftarannya juga sudah dipindahkan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendari.

“Untuk alamat website PPDB SMP dan SD itu sudah ada. Tetapi masih mau dirapatkan lagi pada Senin (12/6/2023) nanti, dengan para operator jenjang SMP dan SD se Kota Kendari. Dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek), artinya bahwa kita Dikmudora sudah sangat siap melaksanakan PPDB,” ucapnya.

Ia berpesan, agar para operator di SMP dan SD di Kendari senantiasa selalu mengikuti Petunjuk Teknis (Juknis) dan sistem PPDB 2023 dengan baik. Artinya PPDB tahun ini harus lebih baik dari pada tahun sebelumnya, yakni memperbaharui  kekurangan- kekurangan PPDB sebelumnya.

Diketahui, dilansir dari data yang dikeluarkan oleh Dikmudora Kendari, total kuota pendaftaran PPDB 2023 jenjang SMP sekitar  6.080 orang dan jenjang SD sekitar 8.036 orang.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *