IAIN Kendari Berhasil Raih Sertifikat QMS ISO 9001:2015

Pendidikan1166 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari berhasil meraih sertifikasi Quality Management System (QMS) International Standardization Organization (ISO) 9001:2015 dari badan sertifikasi Global Certification Indonesia (GCI) International tertanggal 1 Desember 2022.

Ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal S.Ag, S.Pd, MA menjelaskan, QMS merupakan sistem yang memuat garis besar kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk meningkatkan, serta mengontrol berbagai proses pelayanan pada suatu Lembaga.

Perolehan QMS sambung dia, akan meningkatan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga.

”Perjuangan memperoleh sertifikat QMS ini penuh tantangan, kami telah melakukan beberapa persiapan untuk pemenuhan penerimaan sertifikasi ISO,” ujarnya, Jumat (31/3).

Dimana beber dia, salah satunya membentuk tim Task Force sejak 2021. Dengan dukungan penuh dari pimpinan, Tim ini bekerja dengan komitmen yang tinggi dalam memenuhi persyaratan penerapan sistem ISO 9001 : 2015.

Lebih lanjut dia menguraikan, bahwa keberhasilan meraih ISO ini didasari konsistensi terhadap pemenuhan klausul system manajemen mutu ISO pada unit yang diuadit yaitu LPM dan UPT Ma’had Al Jami’ah.

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk melakukan audit internal secara berkala untuk menjaga keberlanjutan mutu serta meningkatkan kinerja berbasis akreditasi nasional dan internasional.

“Settifkasi ISO ini akan dilanjutkan dengan surveillance oleh lembaga sertifikasi untuk menjaga dan memastikan keberlangsungan implementasi mutu berstandar internasional di IAIN Kendari,” ucapnya.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengapresiasi atas perolehan sertifkasi mutu internasional pada LPM dan Ma’had Al-jami’ah. Kedua unit kerja lingkup IAIN Kendari ini terbukti memiliki komitmen yang tinggi dalam penyelenggaraan layanan dengan mutu yang tinggi.

“Pencapaian ini akan memberi dampak yang sangat positif bagi IAIN Kendari. Rekognisi akan meningkat baik di tingkat nasional maupun internasional. Saya berharap, unit kerja yang lain melakukan akselerasi untuk juga menjalankan standar mutu yang sama agar memberi dampak yang lebih besar terhadap kemajuan Lembaga kita,” kata Rektor.

Sertifikat mutu internasional ini adalah yang pertama bagi IAIN Kendari dan ditargetkan akan berlanjut pada standar mutu yang lainnya.

Dalam waktu dekat, Kerjasama IAIN Kendari dengan GCI masih akan berlanjut untuk pendampingan sertifikasi internasional mutu pendidikan ISO 21001 : 2018. Pendampingan ini akan diikuti oleh seluruh Fakultas, Unit dan Lembaga lingkup IAIN Kendari. (red/id)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *