KBST Jajaki Kerja Sama dengan UM Kendari

Pendidikan1192 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) menjajaki kerja sama  dan bersinergi dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari terkait dengan program prioritasnya, yakni literasi kebahasaan.

Selain itu, Kunjungan ini merupakan perkenalan dan silaturahmi Kepala KBST Dr. Uniawati, S.Pd., M.Hum kepada Rektor UM Kendari periode 2023- 2027.

Kepala KBST Sultra, Dr. Uniawati mengatakan, bahwa KBST tengah gencar mensosialisasikan literasi dan perlindungan bahasa sastra Indonesia dan revitalisasi bahasa daerah.

Ia memaparkan, program Kerja Literasi  terkait dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indoensia (UKBI) dan Peran UKBI  dalam Penguat langkah Penginternasionalan Bahasa Indonesia.

“Tujuan kami ke UM Kendari adalah untuk menjajaki hal-hal yang dapat di sinergikan dengan KBST  dengan UM Kendari,” ujarnya baru- baru ini.

Lanjut dia, dalam melakukan kunjungan dirinya didampingi Koordinator KKLP UKBI dan Tim Sekretariat KBST. Turut hadir, Kepala UPT Bahasa UM Kendari, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dan Ketua Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sementara itu, Rektor UM Kendari Prof Muh Nurdin menyambut sangat baik dan antusias rencana kerjasama ini, semoga dengan hadirnya kantor bahasa sebagai mitra dapat mendorong UPT Bahasa UM Kendari terus berkembang. 

“Secara detail saya kira kita dapat mendiskusikan kegiatan yang kiranya relevan dilaksanakan dalam waktu dekat, terutama dalam pengembangan bahasa daerah di Sultra, Saya optimis bahwa ada banyak hal yang bisa kita kerjasamakan,” ucapnya.

Lebih jauh, pertemuan ini adalah suatu langkah tepat dalam menjajaki peluang-peluang kemitraan dengan KBST dalam hal kerja sama pelaksanaan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) adaptif sebagai salah satu tujuan utama internasionalisasi Bahasa Indonesia dan perlindungan Bahasa.

Sambung dia, serta peluang bagi dosen dan mahasiswa UM Kendari menulis berbagai karya tulis melalui penerbitan majalah atau buku KBST. Sultra.

Diketahui, UPT Bahasa UM Kendari merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Teknis yang di bentuk di UM Kendari sejak 2015 silam. Awalnya UPT Bahasa ini dibentuk untuk mempersiapkan tenaga dosen dan lulusan kampus agar memiliki kemampuan multi Bahasa. (red/id)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *