Perpustakaan Al Istiqamah MAN 1 Baubau Terakreditasi “A”

Pendidikan2106 Dilihat

HaluoleoNews.ID, BAUBAU- Perpustakaan Al Istiqamah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau berhasil meraih akreditasi  “A”. Sebagai bukti akreditasi, Walikota Baubau, La Ode Ahmad Moianse meyerahkan  Sertifikat Akreditasi kepada 4 sekolah di Kota Baubau.

Adalah, MAN 1 Baubau, SMK Negeri 1 Baubau, SMK Negeri 3 Baubau, dan SMP Negeri 1 Baubau, bertempat di halaman SMP Negeri 1 Baubau, Sabtu (10/06/2023).

Wali Kota Baubau, Monianse meghimbau agar setiap perpustakaan di sekolah berusaha memanfaatkan layanan perpustakaan digital sebagai salah satu bentuk pengembangan literasi siswa.

Akreditasi Perpustakaan melalui beberapa tahapan penilaian. Penilaian berlangsung pada Februari 2023 lalu, yang dilaksanakan dengan cara menilai dokumen oleh Tim Penilai  Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Selain itu, penilaian juga dilaksaakan secara langsung maupun penilaian dokumen oleh Tim Asesor Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Adapun aspek yang dinilai ada beberapa hal, di antaranya koleksi  judul buku beserta jumlahnya, fasilitas, layanan, pegembangan SDM, manajemen, dan hal-hal lainya,” ujarnya.

Pustakawan Perpustakaan  Al Istiqamah MAN 1 Baubau, Abidin Wabula,S.S. menjelaskan, bahwa raihan nilai akreditasi  degan kategori “A” membutuhkan kerja keras.

“Dokumen penilaian akreditasi sudah kami persiapkan  selama lebih kurang 1 tahun. Berkaitan dengan sarana ruangan dan perlengkapan lain, perpustakaan MAN 1 Baubau dapat dikatakan lumayan memadai karena telah mendapat pembiayaan proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2020,” jelas Abidin.

Kepala Perpustakaan Al Istiqamah MAN 1 Baubau, Rosma, S.Pd. mengatakan, prestasi tersebut merupakan capaian yang luar biasa karena sejak didirikan pada 1977 dan baru terakreditasi pada 2023.

“Syukur Alhamdulillah Perpustakaan Al Istiqamah MAN 1 Baubau  mendapatkan prestasi yang luar biasa karena   sudah berdiri selama lebih kurang 45 tahun yaitu dari 1977 hingga sekarang, di 2023 baru terakreditasi dengan nilai yang sangat memuaskan yaitu Akreditasi “A”, papar Rosma dengan penuh rasa syukur.

Di sisi lain Kepala MAN 1 Baubau, Drs. Rusli Ewa, S.H.I.,M.A. saat ditemui usai menerima sertifikat megungkapkan,  terakreditasinya Perpustakaan MAN 1 Baubau dengan kategori tertinggi yaitu “A” merupakan capaian yang membaggakan bagi kami.

“Bagi kami, kategori Akreditasi “A” merupakan prestasi yang menggakan karena dari 4 sekolah yang mengikuti penilaian akreditasi di Kota Baubau, satu-satunya Perpustakaan kami  yang mendapat kategori “A” sedangkan 3 sekolah lainnya mendapat kategori “B” dan “C”,” pungkasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kearsipan  dan Perpustakaan Kota Baubau atas binaannya serta kepada Perpustakaan Daerah Sultra atas arahan dan bimbingannya”, ungkap Rusli dengan penuh rasa bangga.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *