UMW Terus Mendorong Kinerja Dosen Melalui Jurnal Nasional dan Internasional

Pendidikan1621 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari terus mendorong kinerja dosen dalam pengembangan publikasi melalui jurnal nasional maupun internasional yang ber ISSN (International Standard Serial Number), terakreditasi SINTA dan terindekscopus. Bahkan tahun ini dua jurnal UMW sudah dipublikasi secara internasional dan 10 lainya secara nasional.

Rektor UMW Ratna Umi Nurlila mengatakan, tentunya untuk publikasi dosen  dalam bentuk jurnal merupakan sebuah kewajiban. Jadi para dosen selain melakukan publikasi diluar apakah jurnal internasional atau prosiding, tentu universitas akan terus memfasilitasi publikasi yang dilakukan.

“Kami di universitas tentu akan terus memfasilitasi setiap publikasi dosen  baik dalam bentuk penelitian mandiri maupun penelitian yayasan, untuk dipublikasi dalam jurnal yang sudah terakreditasi SINTA ataupun yang masih proses dalam akreditas SINTA, ujarnya, Selasa (21/6).

Ia menerangkan, saat ini di UMW mulai banyak jurnal yang telah terakreditasi. Tentu bagi yang sudah terakreditasi dapat  memfasilitasi,  dan mewadahi beberapa tugas akhir mahasiswa di masing-masing prodi, apalagi setiap publikasi wajib memiliki luaran. Sehingga dengan adanya wadah publikasi ini dapat memudahkan mahasiswa melakukan publikasi.

Lanjutnya, setiap tahun jumlah publikasi kita selalu meningkat, bukan saja jurnal nasional namun juga jurnal internasional. Hal ini karena pengelola jurnal kita juga selalu di suport oleh LPPM UMW. Sebagai upaya untuk terus meningkatkan jumlah publikasi yang dilakukan oleh dosen, dan mahasiswa. Bahkan jurnal yang ada saat ini sudah mengarah pada akreditasi SINTA.

“Saya berharap beragam publikasi yang telah dilakukan UMW dapat memotivasi dosen-dosen lainya agar membuat publikasi yang sama yang mampu menghasilkan akreditasi nasional hingga internasional. Mudah-mudahan dengan bertambahnya publikasi jurnal setiap tahun, maka publikasi semakin meningkat dan semua jurnal bisa terakreditasi dan peringkatnya bisa meningkat terus, “harapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMW La Djabo Buton mengatakan, dalam upaya peningkatan kinerja UMW berbagai aspek perlu ditingkatkan termasuk publikasi artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat untuk dipublikasi  pada jurnal nasional dan internasional yang ter ISSN, terakreditasi SINTA dan terindekscopus.

Sambungnya, berkaitan dengan hal itu saat ini UMW telah memiliki dua jurnal internasional dan 10 jurnal nasional serta empat jurnal pengabdian kepada masyarakat. Untuk jurnal penelitian internasional terdapat satu jurnal yang sudah terakreditasi SINTA 4 dan satu jurnal baru be ISSN. Sementara untuk jurnal nasional, dua sudah terakreditasi nasional SINTA 3 dan SINTA 5 sedangkan 8 jurnal penelitian elektronik lainya baru ber ISSN.

“Untuk jurnal elektronik pengabdian kepada masyarakat sudah terdapat satu jurnal yang terakreditasi nasional SINTA 5 dan 3 jurnal elektronik lainya baru ber ISSN. Tentu dalam publikasi ini, kita selalu dorong agar dapat terakreditasi nasional dan internasional. Sebab dengan akreditasi itu, poin kinerja kita juga meningkat. Sehingga kita di LPPM terus mendorong itu,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, saat ini untuk peningkatan jumlah publikasi pihak LPPM terus melakukan langkah percepatan agar para dosen mampun bersaing memperoleh publikasi SINTA sebanyak-banyaknya.

“Kami selalu membantu peningkatan akreditasi jurnal UMW baik internasional maupun nasional. InsyaAllah tahun 2023 ini akan terjadi penambahan jumlah jurnal Mandala Waluya yang terakreditasi nasional. Harapan kami semua dosen bisa aktif mempublikasikan  hasil penelitiannya sehingga membantu peningkatan kinerja baik itu peningkatan kinerja dosen, Prodi maupun universitas,” pungkasnya.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *