Unsultra Gelar Diskusi Publik Merayakan Demokrasi di Kampus

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi politik dengan tema merayakan demokrasi di kampus.

Kegiatab ini merupakan upaya untuk secara berkelanjutkan mendorong dan membumikan semangat kebersamaan dengan para pihak guna terciptanya meratanya informasi tentang pemilu, situasi yang aman dan mencerdaskan serta terciptanya pemilu damai.

Rektor Unsultra, Prof Dr Ir Andi Bahrun MSc Agric mengatakan selaku rektor dirinya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya juga berterimakasih kepada fakultas hukum khususnya Pusat Kajian Konstitusi Unsultra yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan tersebut, demikian pula atas kehadiran dan adanya materi “ Peraturan Kampanye di Wilayah Kampus” oleh Ketua KPU Provinsi, Dr. Asril, S.Sos., M.Si dan Pengawasan Pemilu oleh Anggota Bawaslu Kota Kendari, Arham, S.P., M.Si serta Demokrasi di Kampus oleh La Ode Muhram, S.H., M.H, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsultra” ujarnya.

Dijelaskan, pemilu 14 Februari 2024 mendatang merupakan pesta demokrasi, sehingga melalui kegiatan dialog bertajuk Perayaan Demokrasi di kampus, terkandung harapan agar segala aturan dan kebijakan tersosialisasi dan dipahami dengan baik khususnya di lingkungan kampus serta agar pemilu dan pilpres berlangsung tenang dan damai serta dengan riang gembira.

“Kita harus menghindari adanya berita hoaks, kekerasan, tindakan provokatif, terjadinya perpecahan, kericuhan maupun segala sesuatu yang bisa menodai demokrasi. Pemilu tahun depan (2024) akan menentukan keberlangsungan pembangunan dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Prof Andi Bahrun mengatakan dengan adanya kegiatan diskusi tersebut mahasiswa agar mampu menciptakan pemilu damai dan cerdas memilih.

Bahkan mahasiswa juga harus berperan aktif sebagai pengontrol, fasilitator, advokasi dan pengedukasi guna terwujudnya pemilu yang berintegritas dan pemilu damai, ungkapnya.

Kegiatan ini juga salah satu upaya untuk mencerdaskan civitas akademika khususnya dalam aspek politik dan demokrasi.

“Saya sebagai salah satu rektor yang menghadiri deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan Polda bersama KPU dan Bawaslu dan juga dihadiri oleh PJ. Gubernur. Oleh karena itu Unsultra selalu berusaha secara konsisten untuk mengambil bagian dalam proses kematangan demokrasi dan menciptakan mahasiswa sebagai pemili cerdas,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa dirinya berharap agar mahasiswa agar bisa menjadi perpanjangan tangan KPU dan Bawaslu untuk mensosialisasikan terkait peraturan dan waktu penyelenggaraan, bagaimana kampanye di kampus, bagaimana etika dan kesantunan dalam berdemokrasi, bagaimana pemilu bisa berjalan dengan baik dan cerdas memilih,

“Yang selalu kita harapkan adalah bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia itu, harus menyalurkan hak pilihnya dengan tetap merawat semangat persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa, khususnya mahasiswa dan pemilih pemula. Inilah yang harus dilakukan mahasiswa untuk membantu mensosialisasikan kepada Masyarakat dan sesama generasi milenial dan generasi Z,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Sultra, Amirudin S.Pt mengungkapkan bahwa momentum sumpah pemuda KPU Sultra menggelar KPU Goes To Campus dan Nobar.

“Kegiatan dalam rangka pendidikan pemilu dan penyampaian informasi kepemiluan. Film kejarlah janji ini diangkat dari latar belakang sosial budaya masyarakat, dalam film tersebut menggambarkan bahwa ketika pemilu tidak dikelola dengan baik, maka dapat menimbulkan perpecahan. Potensi perpecahan di masyarakat itu terjadi karena perbedaan pilihan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bawah kegiatan tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Kegiatannya serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kalau tidak salah kegiatan ini sudah mendapatkan rekor muri sebagai penonton terbanyak yang melibatkan banyak mahasiswa.
Diharapkan, mahasiswa sebagai pemilih pemula dapat menginisiasi pemilu secara cerdas tanpa dipengaruhi dengan hal-hal lain,” pungkasnya.

Reporter : La Dedi

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *