UPT PK2M Helat Pelatihan Pengembangan Soft Skillls Mahasiswa UHO

Pendidikan1079 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Pelatihan Pengembangan Soft Skills mahasiswa di kampus hijau itu, di salah satu hotel di Kota Kendari, (18/3).

Bertajuk “Being a Good Public Speaker, For a Good Public Relation”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UHO yang diwakili oleh Wakil Rektor (WR) III, Dr Nur Arafah; hadirkan narasumber yang profesional yang berkompeten dan berpengalaman yakni Dinar A Hadi (Trainer dan Writer).

WR III UHO, Dr Nur Arafah mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan Pelatihan Pengembangan Soft Skills yang digagas UPT PK2M melalui Pokja Pusat Karir UHO. Semoga para peserta ini, setelah mengikuti pelatihan mempunyai soft skills, kemampuan public speaking, dan kemampuan berinteraksi.

Ia juga berpesan, kemampuan yang didapatkan dalam pelatihan pengembangan soft skills ini dapat dibagikan kepada mahasiswa lainnya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

“80% orang yang diterima kerja diberbagai perusahaan atau dunia profesional itu mengutamakan soft skills. Mereka tidak butuh kepintaran,  karena itu bisa dilatih dan dipelajari sedangkan soft skill membutuhkan proses,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT PK2M UHO, Sarinah mengungkapkan, kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir. Disamping mahasiswa mendapatkan pengetahuan dari kurikulum Program Studi (Prodi), mereka juga membutuhkan soft skill sebelum berinteraksi dengan dunia kerja.

Menurutnya, soft skill sangat dibutuhkan mahasiswa utamanya dalam dunia kerja. Melalui pelatihan ini dilatih bagaimana cara berkomunikasi serta respon mahasiswa terhadap kebijakan baru.

“Misalnya bagaimana sikap kalau ada sesi wawancara kerja, berhubungan dengan orang lain itu seperti apa. Publik speaking yang dilatih,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua panitia Yusna Indarsyih menambahkan,  tujuan pelatihan ini memberikan bekal dan pengalaman gratis berupa pengalaman dan keterampilan bagi mahasiswa tingkat akhir sarjana dan Vokasi melalui rekomendasi dari jurusan dan Prodi di UHO.

Diketahui, tercatat mahasiswa yang mengikuti pelatihan secara offline (tatap muka) sebanyak 120 orang. Sedangkan yang mengikuti pelatihan secara online atau Zoom Meeting kurang lebih 300 orang. (red/id)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *