UPT PK2M UHO Gelar Pelatihan Pusat Karir Pembuatan CV dan Teknik Interview

HaluoleoNews.ID, KENDARI- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) melalui Kelompok Kerja (Pokja) Pengembagan Karir Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan Pelatihan Pusat Karir “Guiding Fresh Graduate UHO to brilian career: Creating a Stand Out Curriculum Vitae (CV) and Interview”, bertempat di Fortune Hotel Kendari, sejak 16 sampai 17 Oktober 2023.

Turut dihadiri, diantaranya Rektor UHO diwakili Wakil Rektor (WR) III, Dr. Nur Arafah, S.P., M.Si; Wakil Dekan (WD) lingkup kampus dan ratusan mahasiswa tahap akhir di kampus hijau itu yang mengikuti secara hibrid (offline dan online). Dan menghadirkan narasumber, Nanda Rizky Kurniawan (Materi I Bongkar Cara Membuat CV, Materi 2 Pelatihan dan Praktek Membuat CV, Materi 3 Bedah Interview).

Selanjutnya, Erina Chusnulita (Improve Your Skill and Got Your Future) dan Muhammad Ichsan Dito Syariza.

Ketua PK2M UHO, Dr. Sarinah, S.P., M.Si membawakan sambutan.

Rektor yang diwakili Wakil Rektor (WR) I UHO, Dr Nur Arafah mengatakan, bahwa sekarang ini mahasiswa tidak cukup lagi mengandalkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi dengan cepat studi, saat ini hal tersebut sudah tidak relevan lagi karena yang paling penting bagaimana alumni itu bisa cepat masuk di dunia kerja.

“Jadi pelatihan- pelatihan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) itu diorientasikan bagaimana Mahasiswa itu bisa masuk cepat berkerja atau menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya seusai membuka kegiatan.

Ia mengungkapkan, bahwa sebenarnya pekerjaan itu tidak ada yang berkurang. Sambung dia, karena teorinya semakin banyak penduduk maka peluang kerja juga masih akan banyak tercipta. Masalahnya adalah, bagaimana skill atau keahlian para mahasiswa itu harus terbangun sehingga bisa menangkap peluang itu.

Selanjutnya, ketika mahasiswa sudah menjadi alumni dan mencari lowongan pekerjaan. Alumni tersebut harus bisa mengkomunikasikan kemampuan dan citra dirinya dengan baik dengan pihak lain. Makanya kemampuan dan citra diri yang dibangun sekarang akan menentukan masa depan.

“Makanya saya tadi sempat menyampaikan pada sambutan saya, bahwa jangan sampai perilaku- perilaku yang kurang baik selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) terekam saat melakukan lamaran pekerjaan disalah satu instansi yang ditujuh. Maka habis juga yang bersangkutan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PK2M UHO, Dr.Sarinah, S.P., M.Si menuturkan, bahwa pelatihan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa yang berasal dari sekitar 12 sampai 14 orang perwakilan setiap fakultas di kampus hijau itu yang diadakan secara hibrid (offline dan online).

Foto bersama seusai pelaksanaan pelatihan di hari pertama.

Lanjutnya, sebenarnya pelatihan ini awalnya dilakukan sebelum Job Fair untuk bagaimana mempersiapkan dan membekali mahasiswa tahap akhir ini atau calon alumni sebelum keluar dari kampus untuk memasuki dunia kerja. Dengan begitu, mereka sudah mengetahui dengan baik cara membuat CV, Teknik Wawancara dan mampu mengkomunikasikan keahliannya dengan baik.

“Target kita dalam pelatihan ini, bagaimana peserta mampu memahami materi- materi yang disampaikan oleh para pemateri dan mampu mengimplementasikan atau membuat CV yang baik serta mengetahui teknik- teknik interview yang benar,” pungkasnya.

 

Repoerter: La Dedi

Editor       : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *