Wujudkan Pembangunan ZI-WBK, KBST Laksanakan Penguatan SDM

HaluoleoNews.ID, KENDARI– Dalam upaya mewujudkan pembangunan Zona Intregritas Bebas Korupsi (ZI-WBK), Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), di Hotel Swiss Bell Kendari, pada 17 Juli 2023.

Dihadiri para perwakilan pemangku kepentingan di Sulawesi Tenggara (Sultra)  antara lain, pihak kepolisian, instansi pendidikan, instansi pemerintah, media dan seluruh pegawai KBST.

Kepala KBST, Dr. Uniawati mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM pada satuan kerja sebagai upaya reformasi birokrasi dalam upaya memperoleh predikat ZI-WBK.

“Untuk memperoleh hal tersebut, kami

mengundang berbagai instansi dan lembaga untuk mendapat masukan guna perbaikan dan perkembangan KBST,” ucapnya.

Ia menerangkan, ZI-WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar menajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan.

Selanjutnya, penguatan akuntabilitas kinerja yang tercantum dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Untuk pencapaiannya, dibutuhkan SDM yang berintegritas, baik level pimpinan maupun staf, untuk mampu mengimplementasikan persyaratan pada 6 area hingga mampu memahami dan mempraktikkannya.Dengan demikian hal itu tidak hanya menjadi predikat, tetapi menjadi karakteristik organisasi satuan kerja bagi masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan,” ujarnya.

Pemenuhan tahapan pada 5 area meliputi dokumen digital, dokumentasi, hingga pemenuhan fasilitas fisik yang menjadi syarat predikat ZI-WBK. Oleh karena itu, pimpinan satker menunjuk sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang tepat dan penuh integritas untuk mengelola sehingga membuka peluang yang besar dalam pemenuhan predikat.

“Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerapkan reformasi birokrasi dengan menata kelima area yang menjadi tahapan penilaian,” ungkapnya.

Oleh karena itu, perlu menempatkan SDM yang berkompeten untuk pengelolaan tiap area. Dengan demikian, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  menjadi salah satu satker yang dinominasikan untuk memperoleh predikat ZI-WBK.

 

Reporter : La Ode Hamid

Editor      : Anshar

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *