Mahasiswa Tiga Prodi Praktikum di Kebun Raya UHO

Berita Utama2116 Dilihat

HaluoleoNews.ID, KENDARI – Sebanyak 200 mahasiswa dari tiga program studi (prodi) sebut saja Biotek, Biologi MIPA dan Ilmu Tanah FP melaksanakan praktikum mata kuliah di Kebun Raya Universitas Halu Oleo (UHO), Sabtu (27/4/2024) pagi.

Kepada media, Dr Ir Sitti Leomo MSi selaku kepala UPT Kebun Ilmu Hayati/Kebun Raya UHO mengungkapkan bahwa pelaksanaan praktikum merupakan bagian dari program kerja UPT membuka ruang bagi mahasiswa yang ingin melakukan pembelajaran lapangan maupun riset penelitian.

“UPT Kebun Raya UHO telah menetapkan lima indikator kinerja utama tahun 2024, salah satunya adalah 1.000 jumlah mahasiswa yang melakukan praktikum di sini,” ujarnya, Selasa (30/4/2024).

Sampai dengan pertengahan triwulan dua tahun 2024, sambung Sitti Leomo, jumlah mahasiswa yang berpraktek sebanyak 970 mahasiswa dari lima prodi (Kehutanan, Kedokteran, Bioteknologi, Biologi MIPA dan Ilmu Tanah) lingkup UHO dengan 16 mata kuliah.

“Ini artinya indikator telah tercapai 97 persen. Jumlah ini akan terus meningkat, karena masih terdapat delapan bulan pada tahun 2024,” ungkap dosen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UHO tersebut.

Dirinya berharap, civitas akademika UHO dapat menjadikan kebun raya sebagai tempat melaksanakan praktek ataupun praktikum mata kuliah. “Kami juga menerima praktikum mata kuliah dari perguruan tinggi lainnya,” terang Ketua TP PKK Kabupaten Muna tersebut.

Sementara itu, Sekretaris UPT Kebun Ilmu Hayati/Kebun Raya UHO, Dr Faisal Danu Tuheteru, SHut MSi menambahkan bahwa Kebun Raya UHO terbuka bagi mahasiswa yang ingin berkunjung.

“Kebun Raya UHO adalah milik civitas akademika UHO oleh karena itu silahkan dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Dr Faisal.

Dosen Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO menyebut, Kebun Raya UHO memiliki kekayaan flora dan fauna yang dapat dijadikan sebagai objek praktikum.

“Selain itu, UHO juga punya rumah koleksi anggrek dan pembibitan,” beber Dr Faisal Danu. (red)

Follow Publikasi Kami di Google News: Klik Haluoleo News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *